Jumat, 21 Agustus 2015

CARA HIDUP KITA YANG MENENTUKAN



WBI HFCC 21 AGUSTUS 2015

CARA HIDUP KITA YANG MENENTUKAN

Apa yang ada dalam benak pikiran kita bila mendengar kata “SURGA”. Apa yang Allah kerjakan dalam hidup kita itu telah dirancang untuk menyesuaikan kita untuk hidup disurga, bukan hanya menyesuaikan kita didunia ini. Seperti Abraham berkata: “Sebab di bumi tidak ada tempat tinggal yang kekal untuk kita; kita mencari tempat tinggal yang akan datang”.BIS(Ibr 13:14), R Paulus juga menekankan “Tetapi kita adalah warga negara surga. Dari situlah juga Raja Penyelamat kita, Tuhan Yesus Kristus, akan datang. Dialah yang kita nanti-nantikan dengan rindu”  BIS (Fil 3:20).Tuhan Yesus juga mengajarkan kita untuk “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya” (Mat 6:20) MENGAPA ? “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.(ay 21). Tuhan mengajarkan kita untuk mengarahkan hati kita ke Surga, untuk merindukan kemuliaan disurga dan diatas segalanya. Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus,  carilah perkara yang di atas (SORGA), di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah’ (kol 3:1)

HIDUP ITU SINGKAT, HARI HARI BERLALU DENGAN CEPAT, KITA CEPAT MENJADI TUA, KEMUDIAN KITA MATI


AREA KEHIDUPAN YANG AKAN DIUJI

1.     ALASAN, PIKIRAN DAN PERBUATAN KITA
Yeremia 17:10 BIS, “Aku, TUHAN, menyelidiki hati, batin manusia Kuuji. Setiap orang akan Kubalas menurut tingkah lakunya, dan Kuperlakukan sesuai dengan perbuatannya”

2.      PERKATAAN KITA
Matius 12:36 “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman”

3.     PERLAKUAN KITA KEPADA ORANG LAIN
Matius 10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar  sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. 10:42 Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

4.     CARA KITA MENGGUNAKAN DAN ATAU MENANGGAPI OTORITAS KEROHANIAN
Ibr 13:17 “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.”

5.     UPAYA PEKABARAN INJIL YANG KITA LAKUKAN
1 Tes 2:19 BIS Sungguh kalianlah harapan dan kegembiraan kami. Sebab nanti kalau Tuhan Yesus datang, dan kita menghadap-Nya, maka kalianlah yang akan menjadi kebanggaan kami!

6.     CARA KITA MENGGUNAKAN UANG
1 Tim 6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allahyang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. 6:18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan,  suka memberi dan membagi  6:19 dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

7.     KERELAAN DIRI KITA UNTUK  MENDERITA BAGI KRISTUS
Matius 5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. 5:12 Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.

8.     PELAYANAN KITA
a.     Muatan: baik atau buruk? Bermanfaat atau tidak? (2 Kor 5:10 BIS Sebab pasti kita semua akan diajukan ke depan pengadilan Kristus, dan masing-masing akan mendapat balasan setimpal dengan perbuatannya di dunia ini--perbuatan baik ataupun jahat.)
b.     Motivasi: Untuk menyenangkan hati Tuhan atau manusia? (Mat 6:1 BIS, Ingatlah, jangan kalian melakukan kewajiban agama di depan umum supaya dilihat orang. Kalau kalian berbuat begitu, kalian tidak akan diberi upah oleh Bapamu di surga.)
c.     Sumber: Kekuatan-Nya atau kekuatan kita? (Yoh 15:5 BIS, Akulah pohon anggur, dan kalian cabang-cabangnya. Orang yang tetap bersatu dengan Aku dan Aku dengan dia, akan berbuah banyak; sebab tanpa Aku, kalian tak dapat berbuat apa-apa.)
d.     Kesetian: menyenangkan atau mahal? (1 Kor 4:2, Yang pertama-tama dituntut dari pelayan yang demikian adalah bahwa ia setia kepada tuannya.)
e.     Kualitas: Bertobat surgawai apa duniawi? (Mat 6:19"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi;  di bumi ngengat dan karat merusakkannya  dan pencuri membongkar serta mencurinya. 6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga;  di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya)
f.      Proporsi: Secara habis-habisan atau setengah-setengah? (Luk12:48 BIS Tetapi pelayan yang tidak tahu kemauan tuannya, kemudian melakukan sesuatu yang salah sehingga harus dicambuk, akan dicambuk dengan ringan saja. Sebab orang yang sudah diberi banyak, daripadanya akan dituntut banyak juga. Dan orang yang sudah dipercayakan banyak, daripadanya akan dituntut banyak pula.")

9.     TINGKAT PARTISIPASI KITA DALAM PERSEKUTUAN DAN IBADAH GEREJA
Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita,  seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar