Sabtu, 26 September 2015

10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih



10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih

K
ecanggihan teknologi saat ini bisa jadi akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan pekerjaan yang biasa dikerjakan dengan menggunakan tenaga manusia akan diprediksi digantikan oleh mesin canggih.
Seorang ahli komunitas Glassdoor, Scott Dobroski mengatakan kehadiran teknologi yang semakin canggih akan berdampak pada hilangnya sejumlah pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer. Namun pekerjaan yang membutuhkan kreativitas atau kemampuan sosial tinggi tidak akan tergantikan.
Berikut 10 profesi yang diprediksi terancam digantikan oleh mesin-mesin berteknologi canggih:

#1 Teller Bank
Dobroski memprediksi bahwa di masa depan, tampaknya kebanyakan dari pekerjaan yang ada saat ini, dari kasir ke teller akan diotomatisasi dan kebutuhan untuk orang sugguhan mengerjakan peran tersebut tidak akan diperlukan lagi saat teknologi sudah mampu dan mengambil tanggung jawab tersebut.
Hal inilah yang perlahan-lahan terjadi terhadap profesi yang satu ini, dimana jasa teller bank sudah mulai digantikan dengan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Nasabah bank bisa mengambil dan menyetor uang secara tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM.

#2 Kasir
Sejumlah toko di Amerika sudah menggunakan mesin khusus untuk layanan mandiri saat berbelanja. Para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga tahun 2008, penggunaan mesin belanja ini bahkan sudah mencapai 430 ribu unit di seluruh dunia. Bukankah hal ini menjadi ancaman nyata bagi profesi kasir?

#3 Resepsionis
Sejumlah perusahaan mulai menggunakan salah satu sistem yang memiliki fungsi pengganti resepsionis, yaitu virtual receptionist. Tugas menerima panggilan telepon yang biasa dilakukan oleh resepsionis saat ini akan dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Di Jepang, misalnya, profesi ini digantikan dengan robot sungguhan.

#4 Travel Agent
Dulu, para pecinta wisata harus menghabiskan waktu untuk mengurus pemesanan tiket atau agen travel. Tetapi berkat kehadiran internet online ataupun e-banking segalanya dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Selain lebih praktis, konsumen dapat memilih dan memperbandingkan sendiri tiket dan wisata yang paling murah.

#5 Reporter
Dengan kehadiran media sosial atau layanan blog secara gratis, setiap orang bisa menyebarkan berita secara mudah dan cepat. Perangkat lunak kini sudah mulai digunakan untuk menulis artikel. Kemudahan ini membuat setiap orang bisa menjadi citizen journalism (jurnalisme warga, red). Seorang reporter, misalnya, yang biasa menulis berita pernikahan akan diganti dengan teknologi web semantik yang bisa digunakan untuk mengumumkan pernikahan atau pekerjaan dan banyak lagi.

#6 Jurnalis Media Cetak
Peran digital saat ini berhasil menggeser segala aktivitas media yang bersifat manual, seperti media cetak. Hal ini terlihat dari penurunan minat pembaca koran dan beritanya. Untungnya profesi ini bisa dialihkan pada media digital yang akan terus membutuhkan pekerja dibidang media onlinenya.

#7 Juru Ketik
Peran juru ketik di masa mendatang diprediksi akan beralih ke mesin atau software pengenal suara. Saat ini para ahli dan perusahaan teknologi sedang mengembangkan alat tersebut untuk kebutuhan di masa depan.

#8 Akuntan keuangan
Akuntan memang menjadi profesi yang membutuhkan ketelitian dan keahlian dalam sistem perhitungan uang. Dalam sebuah perusahaan, akuntan berperan sebagai kontroler keuangan sekaligus auditor yang mengklarifikasi keuangan perusahaan. Tetapi di masa depan profesi ini justru diprediksi akan diganti oleh software atau aplikasi seperti ERP yang dapat memberikan statement keuangan dengan sangat cepat dan mudah digunakan. Kebutuhan akan akuntan terus berkurang sekarang ini dan bidang kerjanya juga telah diperluas hanya menjadi manager keuangan yang merangkap bidang kerjanya sendiri.

#9 Tukang Pos
Meski dalam beberapa hal jasa pos masih dibutuhkan, tetapi lambat laun peran surat berbentuk fisik ini bahkan sudah mulai diganti dengan email atau surat elektronik. Peralihan ini diprediksi karena selain hemat, pengirim surat juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

#10 Operator Telepon
Sama seperti resepsionis, tugas penerima panggilan dari konsumen sudah mulai tergantikan oleh mesin penjawab otomatis.

Jangan berkecil hati jika salah satu profesi di atas adalah posisi Anda saat ini. Sebab Anda juga bisa mengambil kesempatan lain yang juga memerlukan keahlian Anda yang lain. Tetaplah mengembangkan diri di ebrbagai bidang sesuai bakat Anda dan jadilah sumber daya yang tak tergantikan dengan mesin tercanggih apapun.

























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar