Minggu, 27 September 2015

SERUPA DENGAN KRISTUS



Kotbah GBI HFCC 27 SEPTEMBER 2015: Ps Petrus Gunawan (GBI Bawangan Semarang)



SERUPA DENGAN KRISTUS

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara (Roma 8:29).

Dipilih Dan Ditentukan Untuk Serupa Kristus

  • ¨  Allah telah mengetahui dan bermaksud untuk mengasihi dan menebus dosa manusia. (Rom 5:8, Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita,   ketika kita masih berdosa.” :  Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih   Allah akan dunia ini  , sehingga Ia telah mengaruniakan   Anak-Nya  yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya  kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.).

  • ¨  Allah sejak semula memang telah mengasihi dan memberikan perhatian penuh kepada kita (Kel 2:25, Maka Allah melihat orang Israel itu, dan Allah memperhatikan   mereka. Maz 1:6, sebab TUHAN mengenal  jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan, Hos 13:5, Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang.  Mat 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu  ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! .  1Kor 8:3 Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah. Gal 4:9 Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri  lagi  kepadanya? . 1Yoh 3:1 Lihatlah, betapa besarnya kasih  yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah , dan memang kita adalah anak-anak Allah.  Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia)

  • ¨  Yang tetap memegang iman percaya kepada Kristus dan tidak memisahkan diri akan terpelihara hidupnya (Kol 1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya  dalam hati dan pikiran  seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya,  di dalam tubuh jasmani  Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu   kudus dan tak bercela dan tak bercacat  di hadapan-Nya. 1:23 Sebab itu kamu harus bertekun   dalam iman, tetap teguh   dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan  Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya).


Keserupakaan dengan Kristus berarti :

  •  Harus mempersembahkan tubuh kita, sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada ALLAH (Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan  yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia  ini, tetapi berubahlah  oleh pembaharuan budimu,  sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan  kepada Allah dan yang sempurna.).

  •  Harus berkeinginan kuat terhadap pelayanan yang menyenangkan hati Allah
  • Harus menunjukkan kasih, pengabdian, pujian, dan kekudusan

  • Memisahkan diri dari keduniawian dan makin mendekati Allah


Serupa dengan Kristus berarti

  •  Harus hidup bagi Allah, menyembah Beliau dan menaati perintah – Nya.

  • Harus berani menentang dosa dan menolak kejahatan.

  •  Harus melakukan pekerjaan yang baik dengan meneladani Kristus.
  • Harus memberikan yang terbaik, yaitu mempersembahkan tubuh ini kepada (1Kor 6:15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus  ?  Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!  1 Kor 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait   Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?).


Empat hal yang dapat dikerjakan agar serupa dengan Kristus, yaitu;

  1.  Memiliki kesadaran bahwa system dunia ini jahat (Kis 2:40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini .  Gal 1:4 yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa i  kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat  yang sekarang ini , menurut kehendak Allah dan Bapa  kita.)
  2. Memiliki sikap tegas menolak cara-cara duniawi (1Kor 1:17 Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat   perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia. Hikmat Allah dan hikmat manusia 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan  bagi mereka yang akan binasa tetapi bagi kita yang diselamatkan  pemberitaan itu adalah kekuatan Allah 1:19 Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan." 1:20 Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini?  Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini   menjadi kebodohan?   1:21 Oleh karena dunia,  dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan   mereka yang percaya  oleh kebodohan pemberitaan  Injil. 1:22 Orang-orang Yahudi menghendaki tanda  dan orang-orang Yunani mencari hikmat, 1:23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, 1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil,  baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah). 
  3. Memiiki sikap mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan (1Yoh 2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia   dan apa yang ada di dalamnya.  Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.  2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging   dan keinginan mata  serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap   dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah  tetap hidup selama-lamanya.).
  4. Memiliki cara berfikir Kristus (1Kor 2:16 Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?  Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.  Flp 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama  , menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar